Salah satu alternatif
yang dapat ditempuh untuk mengefektifkan penataan ruangan kelas sebagai sentra
belajar adalah dengan menggunaan sistem moving class (kelas
berpindah). Dalam sistemmoving class ini, ruang-ruang kelas ditata
khusus untuk mendukung pembelajaran mata pelajaran tertentu. Kelas-kelas ini
ditata menjadi semacam home-room atau sentra belajar khusus.
Meja, kursi, peralatan, media, dan berbagai aspek yang dibutuhkan sesuai
karakteristik mata pelajaran tertentu, diatur sedemikian rupa dalam kelas
tersebut. Sehingga ada kelas matematika, kelas sains, kelas bahasa, kelas seni
budaya, dan sebagainya.
Pada jam pelajaran
matematika misalnya, siswa akan memasuki ruang pembelajaran matematika dan
ketika pergantian pelajaran seni budaya, siswa akan berpindah tempat memasuki
ruang seni budaya untuk mengikuti pembelajaran, dan seterusnya.
Penggunaan sistem moving class seperti ini
memiliki beberapa keuntungan, sebagai berikut:
- Atmosfir
dan tatanan kelas dapat memperlancar aktivitas dan proses pembelajaran.
Semua elemen dalam kelas menjadi semacam reinforcer (penguat) dan
stimulator untuk membangkitkan gairah dan aktivitas belajar terhadap mata
pelajaran tertentu
- Memungkinkan
penggunaan sarana, fasilitas, serta berbagai media dan peralatan belajar
secara lebih efisien. Media dan peralatan pembelajaran sains misalnya,
tidak perlu ada di semua kelas, semua kebutuhan pembelajaran mata
pelajaran tersebut cukup ditempatkan dan ditata khusus pada kelas
tertentu. Demikian pula kebutuhan media dan alat bantu belajar pada mata
pelajaran lainnya ditata khusus pada kelas tersendiri.
- Setiap
hari, siswa dapat menikmati dan mengalami proses belajar pada tempat dan
lingkungan belajar yang bervariasi. Mobilitas gerak seperti ini dapat
menghindarkan siswa dari kejenuhan akibat tata ruang kelas yang monoton,
Posting Komentar