Headlines News :
Home » , » Berwisata Religi di Mesjid Darussalam Belawa

Berwisata Religi di Mesjid Darussalam Belawa

Written By Unknown on Kamis, 27 Juni 2013 | 21.44

Mesjid Darussalam Kecamatan Belawa
Kibarbelawa.com-Jika anda menyukai wisata religi,mengunjungi Masjid Besar Darussalam dapat menjadi tujuan alternatif wisata anda. Masjid terbesar di Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo ini terletak sekitar 50 kilometer arah barat dari Kota Sengkang. Masjid ini memiliki kekhasan sehingga setiap tahunnya ramai didatangi pengunjung dari luar kabupaten dan kota terutama pada Bulan Suci Ramadhan dan puncaknya pada malam 17 Ramadhan (Malam Nuzul Quraan),hari raya idul fitri dan idul adha.Salah satu kekhasannya adalah konon jika jamaah shalat dan berdoa di dekat mimbar masjid maka Insya Allah doa tersebut terkabul.
Menurut infomasi dari masyarakat, dahulu  sewaktu dibangun mesjid ini tidak memiliki rancang bangun seperti layaknya bangunan-bangunan besar lainnya.sehingga material-material seperti balok kayu yang akan dipasang ada yang tidak sesuai dengan ukuran. Nah jika hal semacam  itu terjadi misalnya kayunya kependekan bukannya disambung akan tetapi oleh tukang kayu yang mengerjakan, balok-balok kayu tersebut hanya dibungkus kain putih dan esok harinya semua balok kayu dapat terpasang dengan sempurna.Bahkan campuran bahan bangunan masjid ini tidak  menggunakan semen sebagai zat perekat melainkan menggunakan batu bata yang ditumbuk halus dan dicampur air.
Keunikan lainnya adalah pada areal samping kanan mesjid tersebut terdapat sumur tua yang dahulu ditempati para jamaah untuk mengambil air wudhu. Sumur tersebut menurut informasi  dari mulut ke mulut yang berkembang ternyata merupakan sumur sakti yang dipercaya airnya memiliki kekuatan gaib sehingga tidak mengherankan jika setiap bulan Ramadhan dan saat hari raya Idul fitri banyak pengunjung mengambil airnya untuk dijadikan obat  dan konon telah terbukti dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.bahkan ada sebagian masyarakat yang percaya bahwa bagi perempuan yang susah jodohnya maka barang siapa perempuan yang mandi aer sumur itu akan enteng jodoh. Namun karena kehwawatiran para ulama di Belawa akan terjadinya kemusyrikan serta penyimpangan aqidah sehingga sumur itu terpaksa di tutup.Wallahu A'lam Bissawab
(Akbar)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | BELAWA | KIBAR
Copyright © 2011. KIBAR BELAWA TOSAGENAE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by TOSAGENAE
Proudly powered by Blogger