Headlines News :
Home » , » Daun Kayu Colok Bisa Sembuhkan Luka Bakar

Daun Kayu Colok Bisa Sembuhkan Luka Bakar

Written By Unknown on Sabtu, 08 Juni 2013 | 00.44


(Ahmad Alwy Baharuddin SFarm, Mahasiswa Profesi Apoteker Universitas Hasanuddin)
Luka bakar adalah suatu bentuk kerusakan atau kehilangan jaringan yang disebabkan kontak dengan sumber yang memiliki suhu yang tinggi misalnya api, air panas, bahan kimia, listrik, dan sebagainya. Gejala yang ditimbulkan berupa panas dan adanya kemerahan. Prinsip penanganan utama adalah mendinginkan daerah yang terbakar atau menurunkan inflamasi, mencegah infeksi dan memberi kesempatan sisa-sisa sel epitel untuk berproliferasi dan menutup permukaan luka.
Untuk menurunkan inflamasi dibutuhkan bahan yang berfungsi sebagai adstringen atau dapat menciutkan pori, di samping itu juga diperlukan anti mikroba untuk mencegah infeksi, serta bahan yang merangsang pembentukan kolagen.
Daun kayu colok (Samanea saman) yang secara empiris digunakan oleh masyarakat Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo dalam mengobati penyakit kulit secara tradisonal ternyata mampu untuk mengobati luka bakar.
Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa daun kayu colok (Samanea saman) yang diformulasikan menjadi sediaan krim mampu menyembuhkan luka bakar pada hewan uji tikus putih (Rattus novergicus) yang telah diinduksi dengan logam panas. Luka bakar pada tikus putih dapat disembuhkan rata-rata dalam waktu 12 hari.
Dibandingkan dengan sediaan luka bakar yang beredar di pasaran, krim luka bakar daun kayu colok (Samanea saman) lebih cepat dalam proses penyembuhan awal atau pada fase inflamasi, di mana inflamasi berakhir rata-rata pada hari ketiga, sedangkan krim yang beredar di pasaran rata-rata pada hari keempat.
Kandungan utama daun kayu colok (Samanea saman) yang berperan dalam mempercepat sembuhnya inflamasi yaitu tanin. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa Tanin berfungsi sebagai adstringen yang dapat menyebabkan penciutan pori-pori kulit, memperkeras kulit, menghentikan eksudat dan pendarahan yang ringan, sehingga mampu menutupi luka dan mencegah pendarahan yang biasa timbul pada luka.
Daun kayu colok (Samanea saman) juga mengandung bahan yang berperan dalam pembentukan kolagen yaitu saponin. Saponin memiliki peranan penting dalam fase peyembuhan akhir atau fase penyudahan karena merupakan senyawa yang memacu pembentukan kolagen, yaitu protein struktur yang berperan dalam proses penyembuhan luka.

Di samping tanin dan saponin, daun  daun kayu colok juga mengandung antiseptik yang berpengaruh untuk membunuh atau mencegah pertumbuhan mikroorganisme yang biasa timbul pada luka sehingga luka tidak mengalami infeksi yang berat.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | BELAWA | KIBAR
Copyright © 2011. KIBAR BELAWA TOSAGENAE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by TOSAGENAE
Proudly powered by Blogger