Kibarbelawa.com-Motor matik saat ini sedang digandrungi masyarakat. Jalanan yang makin
macet membuat para rider beralih dari motor bertransmisi manual, seperti
motor bebek dan sport, ke transmisi otomatis.
Di tengah
populernya motor matik, kini pengguna bakal dibuat sedikit repot,
lantaran pemerintah akan menaikkan harga BBM subsidi, yang diperkirakan
berlaku dini hari nanti.
Untuk matik yang telah dilengkapi sistem fuel
injeksi, bahan bakar bukan lagi persoalan serius. Tapi, untuk tipe yang
masih menggunakan karburator, matik lebih boros BBM dibanding motor
bebek.
Tapi, dengan sejumlah rekayasa, ternyata motor matik (tipe
karbu) bisa kencang dan irit bahan bakar. Berikut tips dari Heri,
montir di bengkel "Rezeki Motor" di Jalan Palmerah Utara, Jakarta: seperti dikutip dari vivanews
Pertama,
bersihkan karburator secara rutin, minimal sebulan sekali. Karburator
mengatur suplai bahan bakar ke ruang bakar, sehingga perlu bersih. Saat
karburator kotor akan membuat suplai bahan bakar tersendat.
Kedua,
ganti oli mesin motor secara berkala dengan jarak tempuh kurang dari
3.000 km. Dengan mengganti oli, komponen yang saling bergesekan tidak
cepat aus yang bisa mengurangi kecepatan. Penggantian oli juga akan
membuat performa mesin tetap bagus dan halus.
Ketiga,
gunakan bahan bakar dengan oktan tinggi, seperti Pertamax maupun Shell
Super. Dengan oktan tinggi, bahan bakar cepat meletup dan terbakar
sempurna. Selain itu, oktan tinggi tak banyak menimbulkan kerak pada
mesin.
Agar konsumsi bahan bakar lebih irit, Heri mengatakan,
pengendara tidak menghentakkan gas. Putarlah gas seperlunya dan kurangi
pengereman.
Setelah motor matik Anda lebih irit, pasti ingin
merasakan bagaimana cara berlarinya? Berikut tips membuat motor matik
bisa berlari kencang.
Pertama, mengganti roller pada bagian dalam Continuously Variable Transmission (CVT). Karena, dengan mengganti roller, performa tarikan akan lebih bertenaga. Gantilah dengan roller standar, misalkan roller yang digunakan 11 gram, maka Anda ganti menjadi 10 gram.
Roller ini berguna untuk memberikan tekanan keluar pada variator, sehingga dimungkinkan variator dapat membuka dan memberikan perubahan lingkar diameter lebih besar terhadap belt drive, sehingga motor dapat bergerak.
Kedua,
bersihkan busi, dengan begitu pada sektor pengapian akan lebih
sempurna, sehingga pembakaran di ruang mesin menjadi lebih baik karena
kualitas percikan busi meningkat.
Ketiga, mengganti fanbelt dengan ukuran yang lebih tebal dan keras, hal tersebut dapat membuat tarikan lebih responsif.
Keempat, mengganti koil, hal ini guna memberikan percikan api yang lebih maksimal pada pengapian.
Kelima, ganti CDI. Meski CDI standar bawaan pabrik sudah baik, ada baiknya diganti dengan merek lain yang lebih mendongkrak performa.
Keenam,
kurangi bobot berlebihan, hindari pemakaian aksesori berlebihan yang
dapat menambah beban saat motor berlari. Sebaliknya gunakan variasi yang
lebih ringan seperti velg aluminium.
Posting Komentar