Headlines News :
Home » » pejabat 'tumbal' Presiden SBY umumkan kenaikan BBM

pejabat 'tumbal' Presiden SBY umumkan kenaikan BBM

Written By Unknown on Jumat, 21 Juni 2013 | 21.27

Kibarbelawa.com-Pemerintah akan memberlakukan kenaikan harga BBM, Sabtu (22/6) pukul 00.00 WIB. Seperti biasa, bukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ) yang mengumumkan. Melainkan Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Jero Wacik pada Jumat (21/6).

Sumber dari istana seperti dilansir dari merdeka.com menyebutkan, yang bakal mengumumkan kenaikan harga BBM adalah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik . Sumber tersebut mengatakan, Presiden SBY sudah menandatangani peraturan presiden (perpres) yang menyatakan harga BBM subsidi naik. Secara resmi, ketetapannya diputuskan dalam rapat kabinet, siang ini pukul 14.00 WIB.

"Iya, (BBM) naik Jumat malam, perpresnya mengatakan keputusan kenaikan harga BBM ditetapkan rapat kabinet, sementara yang mengumumkan Menteri ESDM," ujarnya di Jakarta, Kamis (20/6) kemarin.

Sumber itu mengaku tidak tahu di mana Jero Wacik bakal mengumumkan kenaikan harga, apakah di kantornya, di kantor Kemenko Perekonomian, atau justru di Istana Negara. Dia juga membantah Menko Kesra Agung Laksono bakal menemani Jero Wacik mengumumkan kenaikan BBM dan penyaluran BLSM.

Sudah menjadi kebiasaan, bukan Presiden SBY yang mengumumkan kenaikan harga BBM. Dari tiga kali kebijakan kenaikan harga BBM pada era SBY , tidak pernah sekali pun SBY mengumumkan kebijakan itu. Artinya, 4 kali BBM naik di masa kepemimpinan SBY , bukan dirinya yang mengumumkan. Merlainkan para menteri atau pejabat terkait.

Pada 1 Maret 2005, pemerintah juga menaikkan harga BBM. Waktu itu, dari Rp 1.810 per liter naik menjadi Rp 2.500. Pengumuman juga tidak dilakukan langsung oleh Presiden SBY , melainkan Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro.

Pada tahun 2005 juga, tepatnya 1 Oktober pemerintah kembali menaikkan harga BBM. Tak tanggung-tanggung, kenaikan harga BBM sebesar 87,5 persen, dari harga semula Rp 2.400 per liter menjadi Rp 4.500 per liter. Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro pun kembali didapuk untuk mengumumkan kenaikan harga BBM.

Pada 1 Oktober 2008, pemerintah SBY juga menaikkan harga BBM. Dan sudah pasti bisa ditebak, lagi-lagi diumumkan para menteri SBY , seperti Menkeu Sri Mulyani dan beberapa menteri lainnya seperti Menperin, Bappenas, Menteri ESDM, Menko Kesra, Menhub, Mensos, Mendagri, Menkominfo dan Mendag.

Sementara, saat beberapa kali menurunkan harga BBM, dengan percaya diri Presiden SBY yang langsung mengumumkannya.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | BELAWA | KIBAR
Copyright © 2011. KIBAR BELAWA TOSAGENAE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by TOSAGENAE
Proudly powered by Blogger